0 Comment

Apa itu Logo? Pengertian, serta Perbedaan Brand dan Logo

Brand dan Logo, pasti tidak asing dong dengan kalian yang bergelut didunia desain grafis, memang kedua hal tersebut terlihat remeh dan seolah-olah tidaklah penting, akan tetapi jika kalian teliti lebih jauh lagi, ternyata logo dan brand itu adalah dua hal yang berbeda, dan tentu saja tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika klien ingin sebuah desain logo beserta branding-nya. Oleh karena itulah, mari kita ulas dengan singkat perbedaan logo dan brand.


Apa Itu Logo?

Apa sih Logo itu?  Mungkin itu merupakan pertanyaan yang tidak umum, bayangin aja kita yang hidup di zaman modern ini tetapi tidak tau apa itu logo? Padahal setiap harinya kita selalu menjumpai hal yang namanya "Logo". 

Nggak perlu jauh-jauh hingga ke ujung dunia untuk mencari Logo, bahkan gadget atau pc yang sedang kita pakai memiliki logo, misalnya saja Acer dan Samsung, jadi sebenarnya tidak perlu pusing untuk mencari tau, apa itu "Logo". 

Singkatnya, Logo adalah "Simbol" maupun "Lambang" yang mewakili suatu hal, misalnya saja logo dari suatu bisnis, yang mana logo tersebut mengandung makna dan entitas dari bisnis itu sendiri. Logo biasanya berupa ikon yang sederhana namun mengandung banyak makna didalamnya.

Apa Itu Brand?

Brand, apa itu? Brand sendiri adalah suatu merek atau "Trademark" dari suatu produk, misalnya saja Acer, itu adalah brand, Apple, itu adalah brand,  tidak sulit mengidentifikasikan apa itu brand. 

Lebih dalamnya lagi adalah, Brand merupakan entitas dari produk itu sendiri, misalnya saja produk Apple, kita dapat mengetahui brand tersebut hanya dengan mendengarnya saja, karena kita banyak mendengar dan melihat produk tersebut, mulai dari Logonya yang ada dimana-mana, produknya juga ada dimana-mana bahkan pelayanan dan keamanan dari produk mereka yang terkenal.

Contoh lainnya adalah Nike, yaitu brand terkenal dari suatu perusahaan, kita tidak perlu mencari seperti apa "Logo"nya, hanya dengan membaca namanya saja kita telah mengetahui produk apa saja yang dihasilkan si Nike, karena memang brand mereka telah dikenal banyak kalangan. Atau misalkan, Facebook, kita tidak perlu mencari info tentang brand tersebut, karena hanya dengan mendengar dan membaca namanya saja kita telah mengetahuinya.

Nah dari situlah, kita dapat menyimpulkan, bahwa "Brand" adalah apa yang konsumen rasakan dan pikirkan ketika mendengar dan melihat produk dari brand itu sendiri. Brand adalah kumpulan atribut fisik, emosi, pemahaman logis, karakteristik, performa, aset, dan janji dari sebuah produk dan jasa. 

Perbedaan Brand dan Logo

Perbedaan dari kedua hal diatas adalah, "Logo" merupakan simbol atau lambang dari suatu bisnis yang mengandung makna mendalam tentang bisnis itu sendiri. Didalam desain logo, terdapat makna dan tujuan. Sedangkan "Brand" adalah apa yang konsumen pikirkan ketika mendengar dan melihat produk dari brand itu sendiri. Sehingga jika kita ingin brand produk dikenal banyak kalangan masyarakat maka dibutuhkan perjalanan panjang. Karena berbeda dengan logo, brand sukar dikenali misalnya saja Apple, brand mereka tidak serta merta terkenal, akan tetapi melalui proses yang panjang.

Maka dari itulah dalam membangun suatu usaha, terlebih yang berhubungan dengan dunia digital, maka membuat Brand dan Logo tidak bisa dianggap remeh, jadi mulai lah menciptakan Brand dan Logo kalian.

Posting Komentar Blogger

Kritik dan Saran dibutuhkan.

 
Top