Apa Itu Tipografi? Pengertian Tipografi Serta Contohnya
Apa sih tipografi itu? nah bagi kalian yang bergelut dibidang desain digital pasti tidak asing dong dengan seni tipografi? yap, saya bisa memastikan hal tersebut. Akan tetapi, jika kalian seseorang yang baru terjun kedalam dunia DKV (baca: Desain Komunikasi Visual) maka mempelajari hal-hal baru tentu tidak ada ruginya, salah satunya mempelajari seni Tipografi.
Apa itu tipografi? Tipografi adalah suatu teknik seni atau kemampuan yang digunakan oleh seorang desainer digital untuk menatap huruf-huruf atau kata dalam ruang kosong, sehingga menciptakan kesan tertentu, bisa dibilang, tipografi adalah seni yang memadukan tulisan dengan piktogram sehingga membentuk suatu kalimat seni indah yang enak dipandang.
Oke, jadi itu adalah pengertian singkat dari tipografi, lantas, apakah membuat sebuah kalimat seni tipografi itu sulit? well, bisa dibilang susah-susah gampang, karena jika kalian telah mempelajari banyak teknik dalam bidang desain maka seharusnya akan gampang saja, misalnya peletakan huruf dan juga fonts yang digunakan. Namun sebelum sebuah tipografi maka ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat tipografi:
Legibility
Legibility adalah kualitas pada huruf yang membuat huruf tersebut dapat terbaca dengan mudah. Dalam suatu karya desain, dapat terjadi cropping, overlapping, dan lain sebagainya, yang dapat menyebabkan berkurangnya legibilitas dari pada suatu huruf. Untuk menghindari hal ini, maka seorang desainer harus mengenal dan mengerti karakter dari bentuk suatu huruf dengan baik. Hal yang mempengaruhi Legibility diantaranya adalah kerumitan desain huruf dan penggunaan warna.
Readability
Redability adalah penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungannya dengan huruf lain sehingga terlihat jelas. Khususnya spasi antar huruf, jarak antar huruf tersebut tidak dapat diukur secara matematika, tetapi harus dilihat dan dirasakan.
Ketidaktepatan menggunakan spasi dapat mengurangi kemudahan membaca suatu keterangan yang membuat informasi yang disampaikan pada suatu desain komunikasi visual terkesan kurang jelas. Hal yang mempengaruhi Readability diantaranya, fonts atau jenis huruf, ukuran huruf, spasi antar huruf serta kontras warna huruf dengan background atau latar belakang desain.
Ketidaktepatan menggunakan spasi dapat mengurangi kemudahan membaca suatu keterangan yang membuat informasi yang disampaikan pada suatu desain komunikasi visual terkesan kurang jelas. Hal yang mempengaruhi Readability diantaranya, fonts atau jenis huruf, ukuran huruf, spasi antar huruf serta kontras warna huruf dengan background atau latar belakang desain.
Clarity
Clarity, yaitu kemampuan huruf - huruf yang digunakan dalam suatu karya desain dapat dibaca dan dimengerti oleh target pengamat yang dituju, misalnya dalam membuat sebuah tipografi, kita dapat menambah kata-kata asing asalkan dapat dimengerti atau menggunakan kata-kata gaul jika target dari tipografi adalah anak-anak gaul.
Untuk itulah agar suatu karya desain dapat berkomunikasi dengan pengamatnya, maka informasi yang disampaikan harus dapat dimengerti oleh pengamat yang dituju.
Untuk itulah agar suatu karya desain dapat berkomunikasi dengan pengamatnya, maka informasi yang disampaikan harus dapat dimengerti oleh pengamat yang dituju.
Visibility
Yang dimaksud dengan visibility adalah kemampuan suatu huruf, kata, atau kalimat dalam suatu karya desain komunikasi visual dapat terbaca dalam jarak baca tertentu, misalnya pada jarak 2 meter, maka tipografi masih dapat terlihat jelas.
Fonts yang kita gunakan untuk headline dalam brosur tentunya berbeda dengan yang kita gunakan untuk papan iklan. Papan iklan harus menggunakan fonts yang cukup besar sehingga dapat terbaca dari jarak tertentu. Setiap karya desain mempunyai suatu target jarak baca, dan huruf - huruf yang digunakan dalam desain tipografi harus dapat terbaca dalam jarak tersebut sehingga suatu karya desain dapat berkomunikasi dengan baik.
Nah keempat hal diatas adalah hal yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah tipografi, memang terlihat simpel, namun jika diteliti lagi, hal tersebut dapat meningkatkan keindahan dari tipografi yang kita buat, misalnya, dengan pemilihan fonts yang benar dengan pesan yang disampaikan.
Fonts yang kita gunakan untuk headline dalam brosur tentunya berbeda dengan yang kita gunakan untuk papan iklan. Papan iklan harus menggunakan fonts yang cukup besar sehingga dapat terbaca dari jarak tertentu. Setiap karya desain mempunyai suatu target jarak baca, dan huruf - huruf yang digunakan dalam desain tipografi harus dapat terbaca dalam jarak tersebut sehingga suatu karya desain dapat berkomunikasi dengan baik.
Nah keempat hal diatas adalah hal yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah tipografi, memang terlihat simpel, namun jika diteliti lagi, hal tersebut dapat meningkatkan keindahan dari tipografi yang kita buat, misalnya, dengan pemilihan fonts yang benar dengan pesan yang disampaikan.
Posting Komentar Blogger Facebook
Kritik dan Saran dibutuhkan.